Panangian School of Property : MEMILIH APARTEMEN SEKEN 2017

Sama seperti Rumah, membeli apartemen seken jauh lebih mudah dibanding apartemen baru/inden. kita sudah bisa melihat ukuran unit, kualitas bangunan, spesifikasi unit, infrastruktur dan utilitas, status hak, suasana lingkungan, serta suasana lingkungan dan fasilitas luar maupun didalam apartemen. anda tinggal mencocokkan dengan kebutuhan masung-masing begitupula kualitas pengelolaan dan tingkat hunia apartemen sudah bisa diperkirakan lebih pasti, biak dengan melihat langsung maupun menanyakan kepada property management atau mencari broker yang banyak menangani apartement, ataupun anda bisa melakukan analisis sendiri dengan indikator dibawah ini:

  1. Apakah area parkir apartemen selalu penuh pada hari libu?
  2. Apakah berbagai fasilitas standart di apartemen cukup memadai dan aktif dimanfatkan oleh penghuni?
  3. Apakah bangunan, spesifikasi unit, infrastruktur dan utilitas dan fasilitas luar maupun didalam apartemen terpelihara dengan baik?

Kita juga perlu menghitung dan mencermati sebagai berikut:

  1. Apakah harga yang ditawarkan sebanding dengan kualitas fisik dan pengelolan apartemen
  2. Apakah service charge dan utility charge yang dikenakan kepada penghuni sebanding dengan kualitas pengelolaan apartemen? dan apakah kita mampu membayarnya?
  3. apakah harga yang ditawarkan sudah berikut perabot (fully furnish atau semi furnish) atau bahkan dalam keadaan kosong?
  4. berapa tingkat harga sewa apartemen tersebut saat ditawarkan, karena jika mencapai 8% dari harga unit apartemen tersebut maka dapat disimpulkan bahwa properti tersebut cukup diminati orang, hal ini sangat penting karena ini salah satu faktor yang akan mendorong kenaikan harga properti tersebut.
  5. Bagaimana Aksesibilitas properti tersebut ketempat kerja? bagaimana viewnya? fasilitasnya? dan bagaimana histori dari properti tersebut?

soal tingkat hunian apartemen juga penting diperhatikan lebih seksama. paslanya dalam banyak kasus karena banyaknya unit apartemen yang tidak laku, oleh pengembangnya kemudian dipakai sendiri atau disewakan. dengan demikian pengembang menjadi salah satu anggota PPRS. masalahnya karena jumlah unit yang dikuasi pengembang dalam jumlah cukup banyak maka pengembang punya hak suara cukup kuat dalam rapat PPRS sehingga bisa mengendalikan penentuan service charge dan utility charge tanpa memperdulikan pakah itu akan memberatkan penghuni lain ata tidak.

dilain pihak, andang penting pula memperhatikan status kepemilikan apartemen apakah HGB, HGB diatas HPL, BOT, atau apa? dan jangan lupa menanyakan usia fisik apartemen, apakah kondisinya maish layak huni? kalangan seperti apa mayoritas penghuninya? adakan para ekpatriat? karena dengan anda mengetahui secara detail faktor dan kondisi properti tersebut maka anda dapat memperhitungkan antara keseuaian selera anda dengan daya beli anda.

“Properti yang terbaik selalu mempertahankan nilainya. Yang terbaik, sedikit mahal saat ini, tetapi nilainya akan selalu tinggi pada masa yang akan datang”

Tips Properti terbaru

Recent Posts

Komentar Anda